Kunci Sukses Berbisnis

Gambar
Bisnis bukan merupakan hal yang mudah bagi seorang pemula maupun bagi orang yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu, kami di sini akan menjelaskan mengenai bagaimana cara-cara atau kunci sukses dalam berbisnis.
1. Siap Menghadapi Kondisi Keuangan yang Tidak MenentuJangan Harapkan Keuangan Stabil pada Awal Jadi Pebisnis  Menjadi seorang pebisnis harus siap menghadapi keadaan keuangan yang tidak menentu. Karyawan dan pebisnis memiliki keadaan keuangan yang berbeda, karena karyawan yang bekerja pada seseorang memiliki keadaan keuangan yang stabil dan sudah pasti. Sedangkan pebisnis mendapatkan penghasilan dari keberhasilan bisnisnya dan bukan dari hasil gaji. 2. Bertanggungjawab Atas Keputusan yang DiambilBerani Memutuskan, Berani Bertanggung Jawab Pebisnis harus bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya. Apabila salah memilih langkah, seorang pebisnis sendiri yang akan menerima akibatnya dan pebisnis pula yang bertanggung jawab atas karyawannya. Dengan mengambil keputusan yang te…

Cara berbisnis untuk mahasiswa

Penulis : Nindha Naveicya

Hasil gambar untuk bisnis
Pada dasarnya untuk menjadi Pembisnis atau pengusaha harus memilki mental yang kuat, dan juga jangan berorientasi kepada profit atau keuntungan. Dan menjadi pembisnis atau pengusaha juga harus berani mengambil resiko, mampu menangkap peluang dan mengelola peluang, dapat menjadi problem solving, dapat berkreasi, ber inovasi untuk product yang akan dijual. Tetapi menjadi pembisnis atau pengusaha tidak juga lupa akan kemampuan manajemen, karena seorang pembisnis atau pengusaha berarti mampu menjadi pemimpin untuk suatu usahanya. Maka dari itu dibutuhkan skill manajerialnya yang usdah mencangkup perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan pengendalian (planning, Actuating, organizing and controlling).
Dan berikut terdapat beberapa tips untuk mahasiswa :
1.      Carilah ide bisnis yang tepat
Hal yang paling dasar dalam memulai usaha adalah menemukan ide bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Tujuannya agar kita dapat memprioritaskan apa yang kita inginkan dan kita dapat berkomitmen dengan usaha tersebut sehingga tidak terbengkalai saaat kita sedang sibuk kuliah.
2.      Mulai lah usaha dari yang kecil
Pada umumnya banyak mahasiswa yang hanya berorientasi pada profit sehingga pada saat memulai usaha yang diinginkan langsung bisnis yang menjulang tinggi dan berkembang. Padahal tidak ada yang instan dalam melakukan usaha, apalagi usaha-usaha atau bisnis-bisnis yang sudah besar, mereka pun berasal dari usaha yang kecil dulu.
3.       Mencari teman yang satu pikiran dan mendiskusikannya
Tips yang ketiga adalah dengan cara mencari pengalaman dari teman yang sudah berpengalaman dibidang bisnis sehingga dapat menambah gagasan dan ide-ide cemerlang sehingga menambah wawasan kita sebelum memulai bisnis. Dan salah satu tempat yang paling gampang untuk mencari wawasan dan ide serta gagasan yang menarik adalah universitas karena didalam universitas banyak mahasiswa-mahasiswa yang sudah lebih dulu memulai usahanya.
4.      Mencari bidang yang sesuai dengan jurusan kita saat kuliah
Mengapa mencari bidang usaha yang sesuai dengan jurusan kita saat kuliah? Karena kita lebih tau skill nya dalam bidang tersebut, sepertihalnya jika kita ingin memulai usaha berbasis teknologi kita harus menguasai dulu teknik-teknik apa saja dalam membuat applikasi sehingga dapat meringankan kita dalam pengeluaran perusahaan.
5.      Investasikan uangmu
Kebanyakan mahasiswa atau pengusaha muda yang baru merintis tidak menginvestasikan uangnya sehingga banyak mahasiswa yang kehabisan modal dan malah menghabiskannya untuk keperluan yang tidak penting. Dan dari kebisaaan tersebut terdapat dampak yang buruk bagi usahanya yang pertama, karena tidak adanya dana atau profit yang di investasikan oleh pengusaha maka hal tersebut akan menghambat pertumbuhan usahanya. Kedua, jika pengusaha tidak menginvestasikan profit atau dana dari yang di dapat maka usahanya akan terancam bangkrut, karena tidak ada yang bisa memprediksi suatu keadaan usaha kita, bisa saja hari ini mendapat keuntungan yang bagus belum tentu esok hari dapat keuntungan yang setara dengan hari ini. Maka dari itu diperlukan investasi sebagian dana yang sudah diperoleh.
6.      Jangan mudah menyerah dalam berbisnis
Dalam membangun usaha pasti akan ada posisi dimana saat kita diatas dan saat posisi kita dibawah, maka jika kita sedang berada dibawah, atau dengan kata lain usaha kita sedang jatuh janganlah berkecil hati.  Mulailah usaha lain yang berpeluang besar atau jika kita ingin tetap pada usaha yang sekarang carilah inovasi inovasi agar usaha kita kembali berkembang. Dengan cara mengikuti-mengikuti seminar-seminar untuk menambah wawasan kita kembali.

sumber :
Firman. “9 Tips Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa,” July 26, 2017. https://idntrepreneur.com/9-tips-memulai-usaha-untuk-mahasiswa.
sumber gambar : Google

Baca juga : Tips and Trick Mengatur Keuangan pada Bisnis Kecil di Kalangan Mahasiswa

Komentar

  1. aku ikutin deh tips-tps dari kaka

    BalasHapus
  2. bagus dan bermanfaat! kalo mau tau mengenai bisnis dan fotografi click link ini https://uangsakumahasiswa.blogspot.com/2018/09/cara-mudah-berbisnis-bagi-mahasiswa.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasarkan Produk Yang Efektif dan Efisien

Cara Mudah Berbisnis Bagi Mahasiswa