Kunci Sukses Berbisnis

Gambar
Bisnis bukan merupakan hal yang mudah bagi seorang pemula maupun bagi orang yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu, kami di sini akan menjelaskan mengenai bagaimana cara-cara atau kunci sukses dalam berbisnis.
1. Siap Menghadapi Kondisi Keuangan yang Tidak MenentuJangan Harapkan Keuangan Stabil pada Awal Jadi Pebisnis  Menjadi seorang pebisnis harus siap menghadapi keadaan keuangan yang tidak menentu. Karyawan dan pebisnis memiliki keadaan keuangan yang berbeda, karena karyawan yang bekerja pada seseorang memiliki keadaan keuangan yang stabil dan sudah pasti. Sedangkan pebisnis mendapatkan penghasilan dari keberhasilan bisnisnya dan bukan dari hasil gaji. 2. Bertanggungjawab Atas Keputusan yang DiambilBerani Memutuskan, Berani Bertanggung Jawab Pebisnis harus bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya. Apabila salah memilih langkah, seorang pebisnis sendiri yang akan menerima akibatnya dan pebisnis pula yang bertanggung jawab atas karyawannya. Dengan mengambil keputusan yang te…

Tips and Trick Mengatur Keuangan pada Bisnis Kecil di Kalangan Mahasiswa


Penulis :  Anggun Khairunnisa Putri



Di era digital ini, bisnis berkembang sangat pesat dibantu oleh teknologi yang memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan fungsi bisnisnya. Salah satu bisnis yang sudah menggunakan adalah para pelaku UMKM, menurut Yuliani (2017) UMKM di Indonesia sebanyak 59,2 juta dan 8% dari jumlah tersebut sudah menggunakan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya.  Sebagian besar pelaku UMKM adalah mahasiswa, Tak jarang mahasiswa yang sekaligus menjadi pelaku bisnis masih kebingungan dalam mengatur keuangannya. Padahal mengatur keuangan merupakan salah satu factor terpenting dalam mengembangkan bisnis.
Lalu bagaimana agar dapat mengantur keuangan dengan efektif dan efisien? Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa cara mengatur keuangan pada bisnis kecil di kalangan mahasiswa

1.      Perencanaan
Perencanaan merupakan strategi awal yang dapat mendobrak bisnis anda, terlebih lagi dalam bidang keuangan. Tanpa melakukan perancanaan terlebih dahulu bisa dipastikan keuangan kedepannya akan kacau. Apa sih yang bisa dilakukan saat perencanaan? Pastikan anda mengetahui berapa modal yang anda punya lalu alokasikan modal tersebut untuk kebutuhan bisnis  anda. Buatlah perencanaan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang .

2.      Buatlah Perencanaan Pendapatan
Setelah melakukan perencanaan secara umum, hal selanjutnya adalah dengan membuat perencanaan pendapatan. Artinya, buatlah strategi untuk mendapatkan pendapatan yang memungkinkan. Mulailah dengan membuat rencana berapa banyak produk yang akan dijual, bagaimana cara promosi, target pasarnya siapa saja, strategi dalam mencapai tingkat pendapatan yang diinginkan.

3.      Buatlah Budgeting
Budgeting berfungsi sebagai pembatas dalam pengeluaran sehingga bisnispun berjalan dengan efektif dan efisien. Lakukan budgeting ini secara terarah dan terperinci.  Dan lihatlah pula review budgeting dari periode sebelumnya agar mendapatkan gambaran untuk di periode yang akan datang.

4.      Selalu Perhatikan Arus Kas
Sangat penting untuk selalu memperhatikan arus kas. Sebagai pebisnis harus selalu dipantau bagaimana arus kas yang sehat dan jangan pernah lengah dalam memantau arus kas, karena dampaknya akan berbahaya bagi keuangan perusahaan.

Sumber :
Amalia, Dina. (2018, 22 Januari). 5 Cara Mengatur Keuangan untuk Usaha Kecil Anda [online]. Tesedia : https://www.jurnal.id/id/blog/2018/5-cara-mengatur-keuangan-untuk-usaha-kecil

Sumber Gambar : Google



Komentar

  1. wahhhhh makasih ka infonya!

    BalasHapus
  2. tips yang bermanfaat, ditunggu update an nya gan, kunjungi juga blog kita seputar tips bisnis on budget untuk mahasiswa Cara Mudah Berbisnis Bagi Mahasiswa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasarkan Produk Yang Efektif dan Efisien

Cara Mudah Berbisnis Bagi Mahasiswa

Cara berbisnis untuk mahasiswa