Kunci Sukses Berbisnis

Gambar
Bisnis bukan merupakan hal yang mudah bagi seorang pemula maupun bagi orang yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu, kami di sini akan menjelaskan mengenai bagaimana cara-cara atau kunci sukses dalam berbisnis.
1. Siap Menghadapi Kondisi Keuangan yang Tidak MenentuJangan Harapkan Keuangan Stabil pada Awal Jadi Pebisnis  Menjadi seorang pebisnis harus siap menghadapi keadaan keuangan yang tidak menentu. Karyawan dan pebisnis memiliki keadaan keuangan yang berbeda, karena karyawan yang bekerja pada seseorang memiliki keadaan keuangan yang stabil dan sudah pasti. Sedangkan pebisnis mendapatkan penghasilan dari keberhasilan bisnisnya dan bukan dari hasil gaji. 2. Bertanggungjawab Atas Keputusan yang DiambilBerani Memutuskan, Berani Bertanggung Jawab Pebisnis harus bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya. Apabila salah memilih langkah, seorang pebisnis sendiri yang akan menerima akibatnya dan pebisnis pula yang bertanggung jawab atas karyawannya. Dengan mengambil keputusan yang te…

Langkah untuk Memulai Suatu Bisnis



sumber : google

Saat ini, berbagai kalangan mulai dari anak remaja hingga dewasa sudah mulai mendirikan suatu bisnis. Contoh nyatanya adalah mahasiswa. Banyak mahasiswa yang sudah memiliki bisnis. Dengan berbisnis, dapat memberikan keuntungan baik bagi mahasiswa maupun bagi dirinya sendiri. Keuntungan tersebut diantaranya adalah dapat berupa membangun dan meningkatkan jiwa kepemimpinan, berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan baru, memiliki tambahan penghasilan , dan lain-lain.
Di samping banyaknya mahasiswa yang memiliki bisnis, terdapat juga beberapa mahasiswa yang masih ragu untuk  mendirikan bisnis. Pemicu keraguan tersebut salah satunya adalah bingung bagaimana cara untuk memulai suatu bisnis. Oleh karena itu, di blog ini akan dibahas mengenai tips mahasiswa untuk memulai suatu bisnis. Tips- tips tersebut diantaranya adalah :
1.     Tentukan Lokasi
Hal pertama yang perlu dilakuan ketika mendirikan suatu bisnis adalah menentukan lokasi bisnis. Dalam mendirikan suatu bisnis, kita perlu mempertimbangkan letak lokasi agar bisnis yang kita jalani dapat mudah dikenali oleh orang lain. Untuk penentukan lokasi bisnis tentunya pilihlah lokasi yang strategis dan mudah terjangkau oleh masyarakat. Kita dapat melalakukan survey untuk menilai tempat yang  cocok untuk dijadikan tempat mendirikan sutau suatu bisnis, dengan survey kita juga dapat mengecek minat beli konsumen, prospek pembeli untuk membeli produk yang akan kita jual.
2.     Tentukan Target Pasar
Setelah menentukan lokasi, kita perlu menentukan siapa saya yang menjadi target pasar kita. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan produk yang  kita jual dengan target pasar yang telah kita pilih. Sebagai contoh jika memulai bisnis makanan dengan target pasar mahasiswa maka kita perlu mempertimbangkan makanan apa saja yang kira-kitra cocok untuk dikonsumsi oleh kalangan mahasiswa, berapa harga makanan yang cocok untuk kalangan mahasiswa, dan berbagai pertimbangan lainnya.
3.     Analisis SWOT (Strength, Weakess, Opportunities, Treat)
Unuk memulai suatu bisnis, kita juga perlu mgetahui apa saja yang mennjadi kelebihan, kekurangan , peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh kita. Hal tersebut bertujuan agar produk yang kita jual dapat bersaing dengan produk lain yang sudah lebih dulu ada di pasar.
Kita perlu mengetahui ke-empat elemen SWOT karena berbagai alasan. Masing-masing alasan akan dijelaskan sebagai berikut:
  • Kita perlu mengetahui kekuatan yang dimiliki bisnis kita, karena sesudah kita mengetahui apa yang menjasi kekuatan dalam bisnis kita, kita dapat menjadikan kekuatan tersebut sebagai nilai tambah untuk menarik minat beli konsumen
  • Kita perlu mengetahui ancaman terhadap produk yang kita jual karena dengan mengetahui ancaman yang kita miliki  Kita dapat menyusun strategi yang tepat untuk mengatasi ancaman produk lain terhadap produk yang kita jual.
  • Kita perlu mengetahui kelemahan yang dimiliki oleh bisnis kita. Dengan begitu, kita bisa meperbaiki apa yang menjadi kekurangan dari bisnis kita, sehingga bisnis kita akan berjalan dengan lebih baik lagi.
  • Kita perlu mengetahui dan memanfaatkan peluang  yang ada dalam menjalankan suatu bisnis
4.     Tentukan Strategi Pasar
Kita perlu menentukan strategi pasar  agar mampu bersaing dengan bisnis pesaing. Sebaiknya tentukan strategi pasar yang lebih unggul dan berbeda dengan strategi pasar pesaing. Strategi dapat dibuat dari hasil pengamatan yang kita lakukan terhadap bisnis pesaing, dan sebaiknya buat strategi yang sesuai dengan visi dan misi binis Anda.
5.     Tentukan Rencana Keungan Bisnis
Keuangan merupakan hal yang penting dalam menjalankan suatu bisnis, kita perlu mengetahui modal yang diperlukan untuk memulai suatu bisnis. Kita juga perlu menghitung pemasukan dan pengeluaran untuk menghitung apakah bisnis yang dijalankan oleh kita mendapatkan profit atau malah mengalami kerugian.
6.     Posisikan Diri dan Bangun Komunikasi dengan Orang
Kita erlu memposisikan diri agar serius dan tidak setengah setengah dalam menjalankan suatu bisnis. Kita juga perlu berkomunikasi dengan orang lain dan membangun relasi yang bagus dengan orang lain baik itu dengan keluarga seperti ibu, ayah, teman, maupun partner binis Anda seperti supplier, pegawai dan lain-lain. Hal tersebut bertujuan untuk menarik minat orang lain terhhadap bisnis yang kita jalani, dan mempermudah kita saat bisnis yang kita jalani sedang mengalami kesulitan.
7.     Aksi
Aksi ini merupakan pengaplikasian dari rencana binsis yang telah kita buat sebelumnya. Jika kita sudah memiliki rencana bisnis dan  hanya berangan-angan untuk memiliki suatu bisnis maka hal tersebut tidak akan ada artinya. Jika hanya berangan angan tanpa ada aksi maka bisnis yang telah direncanakan tidak akan pernah terwujud.

Penulis: Marwa D.A.S


Sumber:
Hartomo, Giri. (2018, 24 Februari). 7 Langkah Mudah Memulai Bisnis.  Okezone [online], Tersedia: https://economy.okezone.com/read/2018/02/23/320/1863975/7-langkah-mudah-memulai-bisnis?page=1 [11September 2018]

Baca juga : Bisnis OnLine for Beginner

Komentar

  1. oh jadi gini ya ka langkah-langkah untuk memulai bisnis tuh. makasih ya ka infonya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasarkan Produk Yang Efektif dan Efisien

Cara Mudah Berbisnis Bagi Mahasiswa

Cara berbisnis untuk mahasiswa